Scalping Trading – Siapkan Fisik dan Mental Anda ( Manual )

Banyak cara dan usaha seorang pelaku pasar untuk mendapatkan keuntungan di capital market salah satunya adalah strategi scalping trading. Scalping trading secara definitif dari wikipedia adalah sebagai berikut “Scalping is the shortest time frame in trading and it exploits small changes in currency prices” dengan penjabaran bahwasannya strategi scalping merupakan strategi dimana seorang pelaku pasar melakukan transaksi secara berulang – ulang dengan timeframe antara 1 sampai 15 menit dan berkelanjutan dengan target keuntungan tidak banyak, mungkin hal ini berlaku seperti pepatah indonesia ” Sedikit demi sedikit lama – lama menjadi bukit” . Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam strategi scalping trading antara lain ( cara manual ):

  1. Jam terbang pelaku pasar
  2. Indikator yang dipakai dalam bertransaksi
  3. Kesehatan fisik ( terutama mata harus sering dibasuh air saat didepan layar)
  4. Persiapan Psikologis
  5. Spread ( Semakin kecil spread maka scalping semakin mudah )

Jam Terbang

Jam terbang pelaku pasar mutlak diperlukan karena hal ini berpengaruh pada pengamatan habit market dari masing – masing komoditi yang nantinya akan di perdagangkan sehingga akurasi dalam melakukan transaksi bisa akurat bahkan bisa mendekati 90% dalam setiap eksekusinya.

Indikator Scalping Trading

Ada banyak indikator yang dipakai dalam sistem scalping trading ini salah satunya yang dipakai oleh penulis bisa dilihat disini dengan catatan timeframe yang digunakan antara M1 sampai M15. Indikator lain yang biasa juga digunakan seperti bolinger band, paraboloc SAR, tetapi hal ini kembali ke stile trading masing-masing pelaku pasar.

Kesehatan Fisik

Tentunya fisik yang prima akan mempengaruhi dari hasil scalping trading terlebih untuk organ mata harus benar-benar diperhatikan, saran dari penulis untuk menjaga kesehatan fisik dan mata adalah sering mengkonsumsi air putih dan membasuh air mata setiap jamnya agar terhindar dari penyakit ginjal dan iritasi mata.

Persiapan Psikologis

Dari ukuran 100% dalam trading 80% nya adalah mental dan psikologis yang matang untuk bisa sukses dalam melakukan trading. Scalping trading ini juga memerlukan konstrasi psikologis yang cukup banyak karena fokus perhatian diumakan pada titik harga tertentu untuk masuk pasar.

Spread Harga

Spread harga semakin mengecil maka scalping trading akan lebih efektif, ibarat orang mau melompat sungai dengan lebar 5 meter dan lebar 1 meter maka orang akan lebih mudah melompat sungai dengan lebar 1 meter tersebut. Banyak pilihan broker yang menawarkan spread kecil tapi perlu juga diperhatikan apakah spread yang ditawarkan floating atau fix, biasanya broker yang menawarkan spread dibawah 1 sudah dipastikan spreadnya akan melebar jika ada kondisi pasar yang volatile. Saran dari penulis adalah cari broker yang memberikan fix spread meskipun yang memberikan fix spread pada saat ada data fundamental akan susah masuk, karena trading scalping biasanya menghindari pergerakan harga yang extrme untuk masuk pasar dalam hal ini jika ada data fundamental.

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi scalping trading sudah bisa diaplikasikan ke sebuah sistem yang bisa melakukan eksekusi dan keluar pasar secara otomotis orang biasanya menyebut Expert Advisor ( EA ) atau robot trading. Ada banyak bentuk robot trading yang bisa ditemukan secara gratis ataupun premium berbayar, untuk yang gratisan biasanya banyak ditemukan bertebaran di forum-forum trading baik didalam negeri maupun luar negeri. Untuk hasilnya pun bisa di test lewat tools back testing yang ada di software metatrader yang sudah biasa kita kenal. Bagaimana anda tertarik dengan scalping trading?

 

One thought on “Scalping Trading – Siapkan Fisik dan Mental Anda ( Manual )